Apa benar kayu manis bagus buat jerawat ?

Apa benar kayu manis bagus buat jerawat ? Kayu manis atau Cinnamon adalah salah satu ekstrak herbal efektif yang digunakan dalam pengobatan jerawat. Ini tersedia baik sebagai ramuan bubuk dan minyak kayu manis. Ekstrak kayu manis bisa diaplikasikan pada kulit untuk mengobati jerawat. Jerawat, bagaimanapun, bukanlah satu-satunya kondisi kulit yang diobati dengan kayu manis. Hal ini juga digunakan untuk mengobati eksim dan membersihkan kulit kepala.

Apa benar kayu manis bagus buat jerawat ?

Ada tiga sifat utama kayu manis yang membuatnya berguna dalam pengobatan jerawat. Ini adalah antibakteri, anti-inflamasi dan efek antioksidan. Karena jerawat merupakan penjumlahan beberapa perubahan sifat kulit termasuk kolonisasi bakteri pada kulit, peradangan dan keratin yang meningkat, kayu manis memiliki khasiat yang tepat untuk mengobati penyakit kulit secara efektif.

Sementara jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dua kontributor terpenting adalah ketidakseimbangan hormon dan infeksi bakteri kulit. Ketidakseimbangan hormon melibatkan peningkatan produksi hormon seks laki-laki sementara infeksi bakteri dalam perkembangan jerawat disebabkan oleh dua organisme, Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermis. Kayu manis membahas penyebab kedua ini.

Karena kayu manis dioleskan ke kulit, ia tidak mengembalikan keseimbangan hormon dengan mengurangi produksi hormon seks pria, namun efektif menghentikan bakteri penyebab jerawat dan membalikkan perubahan pada kulit yang dipicu oleh kedua penyebab jerawat.

Apa benar kayu manis bagus buat jerawat ?

Kayu manis adalah bumbu yang diperoleh dari gonggongan bagian dalam pohon-pohon milik keluarga tanaman Cinnamomum. Pohon-pohon itu berasal dari Sri Lanka tapi sekarang, spesies dan kultivar yang berbeda sekarang tumbuh di seluruh Asia Tenggara. Rasa berbeda dari kayu manis adalah karena kandungan minyaknya. Minyak atsiri membentuk 0,5 – 1% kandungan ramuan, dan keduanya diekspresikan dengan terlebih dahulu menumbuk kulit kayu. Kemudian kulit kayu direndam dalam air laut untuk melunakkan bagian kayu dan memisahkan minyak sebelum menyuling air.

Minyak kayu manis berwarna kuning keemasan meski menjadi lebih gelap seiring bertambahnya usia karena oksidasi. Konstituen utama minyak adalah cinnamaldehyde yang menghasilkan 60% minyak. Cinnamaldehyde juga bertanggung jawab atas rasa dan aroma minyak yang tajam.

Sebagai bumbu, penggunaan kuliner kayu manis sangat luas. Ini digunakan sebagai bumbu dan untuk makanan penyedap. Cinnamon dikombinasikan dengan gula dan digunakan sebagai pemanis untuk teh, kembang gula dan makanan panggang. Ini juga digunakan dalam acar dan merupakan salah satu rempah rempah beberapa yang bisa dimakan langsung.

Kayu manis tanah mengandung karbohidrat yang terdiri dari sedikit gula tapi kebanyakan serat. Ini juga mengandung protein dan sejumlah kecil lemak. Kulit kayu manis dan ekstrak daun telah terbukti memiliki khasiat antivirus. Kemampuan ini diyakini karena terpenoid yang terkandung dalam kayu manis. Studi yang berbeda juga menunjukkan bahwa kayu manis meningkatkan kontrol glukosa dan lipid pada pasien diabetes. Ini juga memiliki efek anti-kanker yang dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi cinnamaldehyde.

Mengapa Kayu Manis Bekerja untuk Jerawat. Kulit kayu manis dan minyak bekerja untuk jerawat karena sifat tanaman berikut: antibakteri, antiinflamasi, mikrodermabrasi, dan antioksidan.

  • Sifat Antibakteri Kayu Manis

Efek antibakteri kayu manis adalah yang paling banyak dipelajari sifatnya. Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan keefektifan ekstrak kayu manis pada lima bakteri termasuk Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Listeria monocytogenes, Salmonella anatum dan Bacillus cereus.

Studi tersebut menemukan bahwa cinnamaldehyde dan proanthocyanidins yang terkandung dalam kayu manis bertanggung jawab atas aksi antibakteri spektrum luas ini. Aktivitas antibakteri spektrum luas ini membuat kayu manis efektif melawan bakteri penyebab jerawat seperti P. acnes dan S. epidermis. Dengan mengeluarkan bakteri ini dari kulit, kayu manis mencegah penyumbatan pori-pori kulit dan mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi sebum yang disebabkan oleh mikroba.

  • Sifat Anti Peradangan Kayu Manis

Kayu manis juga mengurangi peradangan kulit dengan cara lain. Sebuah penelitian di tahun 2002 menemukan bahwa trans-cinnamaldehyde yang ditemukan dalam ekstrak kayu manis menghambat produksi oksida nitrat.

  • Cinnamaldehida melakukan ini dengan menghambat enzim yang disebut nitric oxide synthase.

Karena oksida nitrat adalah komponen utama dari proses peradangan, mengurangi produksinya dapat membantu mengurangi pembengkakan jerawat yang timbul sebagai jerawat dangkal (jerawat, komedo dan komedo) dan lesi jerawat dalam (nodul dan kista). Namun mekanisme lain dimana kayu manis mengurangi peradangan pada jerawat adalah melalui penghambatan sintesis COX-2 atau cyclooxygenase-2. COX-2 juga merupakan komponen utama reaksi riam dalam tubuh yang menyebabkan radang kulit.

  • Sifat Anti Jerawat lainnya dari Kayu Manis

Sifat antioksidan kayu manis juga melindungi kulit dari toksin lingkungan dan zat berbahaya lainnya yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari metabolisme bakteri atau terjebak dalam pori-pori kulit akibat akumulasi kotoran.

Dengan menghilangkan radikal bebas berbahaya ini, kayu manis dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada folikel sebaceous dan protein kulit. Selain itu, bubuk kayu manis atau bubuk kayu manis dapat memberikan efek mikrodermabrasi pada kulit dengan mengelupas lapisan atas kotoran yang dibentuk oleh sebum, bakteri dan sel kulit mati.

Pengelupasan ini disediakan oleh serat halus serbuk kayu manis yang mampu membersihkan kulit dan mengekspos lapisan baru kulit yang sehat

  • Cara Menggunakan Kayu Manis dalam Perawatan Jerawat

Kayu manis bisa digunakan semata-mata atau dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati jerawat. Bisa juga tertelan atau dioleskan pada kulit. Kayu manis sebaiknya hanya dioleskan dengan lembut ke kulit karena bisa mengiritasi kulit dan bisa memperparah lesi jerawat. Anda bisa membuat teh kayu manis dengan menambahkan ½ sendok teh bedak sampai 8 ons air. Rebus selama 15 menit dan biarkan teh meresap dengan benar sebelum diminum.

Kayu manis sering dikombinasikan dengan madu dan kemudian dioleskan sebagai masker jerawat. Ada resep yang berbeda untuk masker ini tapi cara termudah untuk membuatnya adalah mencampur 1 sendok makan bubuk kayu manis dengan 3 sendok makan madu mentah (sebaiknya madu Manuka). Madu juga merupakan obat jerawat alami yang sangat manjur. Ini memiliki efek antibakteri yang kuat juga, dan efek menenangkannya dapat melawan iritasi yang disebabkan oleh kayu manis.

Campur kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta coklat dengan konsistensi yang seragam. Sebelum mengoleskan pasta pada kulit Anda, cuci area yang terkena dengan pembersih ringan dan keringkan dengan handuk lembut. Oleskan masker di seluruh area yang terkena jerawat. Biarkan pada semalam atau selama 15 – 20 menit sebelum membilasnya dengan air suam-suam kuku. Anda mungkin perlu mengaplikasikan kembali masker ini setiap hari selama 2 – 3 minggu jika jerawat Anda parah.

Masker yang sama bisa dibuat dari kayu manis, madu dan pala. 2 sendok teh madu dicampur dengan 1 sendok teh bubuk pala dan 1 sendok teh kayu manis. Pasta yang terbentuk kemudian dioleskan dan dibiarkan di daerah yang terkena selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Kedua topeng ini juga berguna untuk menghilangkan bekas jerawat. Kayu manis juga bisa dicampur dengan zat lain selain madu. Salah satu masker jerawat kayu manis yang umum dibuat dengan menambahkan beberapa bubuk kayu manis ke 2 sendok makan susu. Hal ini kemudian diterapkan pada daerah yang terkena dan dibiarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Kayu manis juga bisa dicampur dengan jus lemon segar di bagian yang sama. Oleskan pasta yang terbentuk pada kulit, dan biarkan selama 15 menit sebelum dicuci.

Apa benar kayu manis bagus buat jerawat ?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *